Jangan Belanja di tempat wisata !!

my-accessories-souvenir-shop-3-300x300Berwisata adalah kebutuhan hidup kita, apalagi sebagai pekerja yang setiap hari bergelut dengan rutinitas dan masalah, stress mengintai kita, dimulai dari masalah dirumah sebelum berangkat kerja, odol hilang pas mau sikat gigi,, pas berangkat dijalan macet, dikantor diomeli, dan sejuta masalah yang kita hadapi setiap hari..
Berwisata adalah jawabannya.. work hard !! play hard !! ,, yups kita berhak untuk bersenang-senang ketika berwisata

tapi terkadang berwisata juga seringnya menghabiskan uang kita, simpanan kita,, tanpa disadari seolah-olah kita balas dendam dengan semua kepenatan hidup kita, ditempat wisata kita cenderung boros.. padahal kita bisa berhemat..

yang saya perhatikan adalah, ternyata barang-barang yang dijual ditempat wisata selalu lebih mahal daripada yang dijual diluar tempat wisata, dan para pedagang tahu betul karakter para pengunjung, mereka ingin bersenang-senang dan selalu memaklumi jika harga yang ditawarkan lebih mahal.

yang paling tidak berguna adalah belanja Sovenir, coba perhatikan harga-harga Sovenir, gantungan kunci, sandal , kaos , topi,, hanya karena berlogo tempat wisatanya, harganya menjadi mahal, dan biasanya sovenir-sovenir itu akan berakhir ditempat sampah,
jadi bayangkan ketika kita belanja sovenir sebetulnya kita sedang membeli sampah, barang yang dengan cepat akan kita lupakan dan buang.. jadi daripada uang kita belanjakan untuk membeli sovenir mending uangnya kita gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat
berikut adalah tips supaya kita tidak tergoda untuk belanja yang tidak perlu ketika berwisata..

1. sebelum berangkat tentukan berapa dana yang kita alokasikan untuk wisata, tentukan berapa untuk makan, berapa untuk bensin, berapa untuk tiket dll,, sehingga dari awal kita sudah punya rencana berapa yang akan kita habiskan.
2. jangan bawa kartu kredit, bawalah uang tunai, karena ada perasaan tidak mengeluarkan uang jika kita belanja dengan menggunakan kartu kredit, kita akan mudah tergoda untuk membeli barang ketika kita mudah menggesekan kartu kredit,, tapi uang tunai tidak,, berkurangnya uang didompet ketika berbelanja akan terasa oleh kita.
3. yang paling boros belanja hal-hal yang tidak perlu adalah ketika kita bawa anak, dan anak kita ingin ini itu,, dan kita sering tidak tega ketika akan mulai merengek-rengek, maka untuk mengatasinya dari sebelum berangkat anak kita doktrin dulu supaya tidak boleh beli mainan, kita buat dia berjanji tidak akan beli mainan,, dan cara ini biasanya berhasil,,
4. ketika melihat barang-barang menarik ditempat wisata, bayangkanlah mereka akan berakhir ditempat sampah

semoga bermanfaat . . .